Bagi mereka yang sering menyaksikan acara-acara drama Amerika, mungkin sering mendengar legenda hantu Bloody Mary, si hantu kaca yang kerap membunuh siapapun yang berusaha memanggilnya untuk permainan atau untuk ritual-ritual. Agak sulit menentukan kapan cerita mengenai hantu ini dimulai, tapi yang pasti sejak dahulu kala sudah beredar legenda mengenai hantu yang mematikan ini. Kali ini kita akan coba mengupas tentang apa itu Bloody Mary, legenda yang ada di sekitarnya, dan bagaimana cara memanggil hantu yang kejam ini.
Legenda Hantu Bloody Mary, Si Hantu Kaca
Si Hantu Kaca yang Tega Membunuh Siapapun yang Mengganggunya
Ada dua legenda masyarakat tentang hantu Bloody Mary, dimana yang pertama adalah cerita mengenai Mary Worth yang merupakan seorang penyihir. Mary Worth dipercaya hidup sekitar 100 tahun yang lalu dan berkutat dalam dunia sihir hitam. Saat ditemukan, Mary Worth langsung dihakimi oleh warga dan dibunuh secara kejam. Sementara itu, cerita yang kedua jauh lebih modern yaitu bercerita tentang seorang gadis lokal yang mengalami kecelakaan mobil dan akan sering muncul lewat sebuah kaca dengan wajah yang terluka parah sama seperti saat kecelakaan.

Meski ada banyak cerita yang muncul tentang hantu Bloody Mary, hantu yang muncul dari dalam kaca ini dipercaya namanya muncul dari Mary I atau Mary Tudor yang saat itu adalah ratu dari kerajaan Inggris. Nama “Bloody Mary” ia peroleh karena pada masa pemerintahannya, ia seringkali membunuh orang-orang dengan cara memasung dan membakarnya hidup-hidup. Mary Tudor juga tidak pernah memiliki anak dan dua kali kehilangan anak dalam kandungannya, dan hal ini yang dipercaya menimbulkan variasi “Aku mencuri bayimu” yang sering muncul dalam pemanggilan hantu ini.
Legenda hantu bloody mary, si hantu kaca ini juga memiliki banyak varian legenda lainnya, seperti kisah yang meliputi Elizabeth Bathory, atau yang dikenal juga dengan nama julukan Countess Dracula. Elizabeth adalah seorang petinggi dari Hungaria yang dikenal karena kekejamannya, dimana ia akan tanpa dosa menangkap atau bahkan menculik gadis-gadis muda, menggantung mereka, dan mengeruk kulit mereka hingga akhirnya darah akan menetes secara perlahan. Memang namanya bukan Mary, tapi entah bagaimana kisah ini bisa mencampur dengan legenda Bloody Mary.
Cara Memanggil Bloody Mary yang Haus akan Darah
Jika kita amat ingin bertemu dengan hantu Bloody Mary yang haus darah, maka kita membutuhkan beberapa hal, yaitu: Lilin, hati yang amat kuat, dan sebuah cermin yang luar biasa besar. Ada dua cara untuk memanggil hantu yang satu ini, dimana sebelumnya kita harus mematikan lampu dan berdiri dengan lilin yang menyala sambil memandang refleksi diri di cermin. Mantra yang pertama adalah dengan menyebut “Bloody Mary” sebanyak tiga kali, dan cara yang kedua adalah menyebut “I believe in Mary Worth” dua kali.

Jika masih gagal, coba berputar sebanyak tiga kali dan kembali pandang ke dalam cermin, maka niscaya kita bisa melihat wajah menyeramkan dari hantu tersebut. Dulu dipercaya kita juga bisa melihat wajah jodoh kita, atau ada juga kemungkinan kita melihat sebuah tengkorak atau wajah malaikat pencabut nyawa yang menandakan kita akan mati sebelum menikah.
Kisah-kisah di atas adalah pelengkap dari kisah masyarakat yang menyeramkan dan tidak diketahui secara pasti dimana dan kapan pertama kali munculnya legenda hantu Bloody Mary, si hantu kaca.